Selasa, 12 Februari 2013

Tren Gadget Terbaru

Ini dia 9 poin isu teknologi dan gadget yang bakal santer dibahas di 2013:
9 tren teknologi gadget 2013

1. Tablet Domination

2012 telah jadi tahunnya smartphone dengan lebih dari 1 miliar pengguna. Sekarang, bisnis app dengan resolusi besar (HD Apps) telah menjamur. Orang-orang akan beralih ke tablet.
Meski Apple masih jadi pelopor tablet dengan iPad-nya, namun banyak rival yang menyerbu dengan harga yang jauh lebih murah (Google Nexus, Kindle Fire HD) dan fitur lebih dahsyat (Samsung Galaxy Note 10.1). Terakhir, Microsoft mulai masuk arena dengan Surface-nya.
Tablet akan benar-benar menghabiskan pangsa pasar laptop dan desktop pc tahun ini dengandesain yang lebih rampinginteraktifitas dengan televisi, dan harga yang sangat kompetitif.

2. Laptop-Tablet Hybrid

Saat ini, persaingan tablet masih dikuasai oleh tiga pemain besar: Apple, Android, dan Microsoft. Meski memiliki berbagai fitur intuitif, namun tablet-tablet itu masih memiliki kelemahan, terutama dalam membuat presentasi dan mengolah spreadsheet.
Microsoft Windows 8 akan mencuri peluang besar ini pada 2013, dengan mengombinasikansistem desktop konvensional dan touch interface. Meski demikian, ancaman persaingan telah mengincar. Gadget hibrida seperti Lenovo Yoga dan beberapa gadget bertipe “touch and type”yang diproduksi oleh Acer dan Sony. Ciri khas dari tipe hybrid ini adalah keberadaan touch screen dan keyboard sekaligus.
Dalam kurun waktu singkat, diprediksikan semua jenis komputer akan meniru konsep hybrid tersebut.

3. Layar/Display Fleksibel

Meski persaingan paling santer masih berada di pembuatan prosesor performa tinggi – dengankonsumsi energi yang serendah mungkin, namun justru terobosan baru akan lebih dulu muncul dari teknologi display.
Layar fleksibel yang bisa ditekuk (bend-able) bahkan dilipat (fold-able) akan segera muncul dan mengejutkan para penggila gadget!

4. Smart TV




Konsep hybrid TV dan internet telah menjadi isu yang ramai dibicarakan selama bertahun-tahun. Sekarang, berkat inovasi bisnis raksasa penyedia video streaming seperti iPlayer dan Netflix, pameo itu menjadi realistis. YouView dan Freesat – yang telah menyajikan kombinasi antarapenyiaran digital TV dan jasa premium – akan mendorong beredarnya produk-produk dengan harga terjangkau, yang akan menyajikan fitur-fitur internet pada layar besar dan memampukanstreaming dari tablet dan smartphone.

5. HDTV

Layar Ultra HD pertama akan dirilis pada 2013. Tipe ini akan menyajikan 4 kali lipat resolusi HD, dengan gambar yang hiper-realistik dan mampu menampilkan konten 3 dimensi.
Meski saat ini konten 3 dimensi masih sangat terbatas, namun telah ada kamera video profesional yang meampu merekam gambar dengan resolusi Ultra HD (biasa disebut 4K). Tahun ini, kamera low-end pertama dengan kemampuan tersebut akan beredar di pasaran.

6. OLED

Salah satu alasan kuat mengapa Anda harus meng-upgrade televisi tahun ini adalah kemunculan teknologi OLED. Teknologi OLED mampu menampilkan gambar yang benar-benar hidup dan nyata dari layar setebal beberapa milimeter saja.
Sementara ini, OLED baru dipasangkan pada beberapa tablet dan smartphone high-end. Namun, Anda akan segera bisa menikmati teknologi terbaru ini pada televisi layar besar pada 2013.

7. Konsol Game

Berkat portabilitas smartphone dan tablet, kini lebih banyak orang yang mulai memainkan game digital daripada sebelumnya. Di sisi lain, konsol-konsol game menjadi lebih sulit dipasarkan.
Itulah sebabnya mengapa Nintendo memasarkan konsol Wii U dengan tablet sebagai bagian darimotion-sensitive controller-nya. Wii U yang menjadi tonggak peluncuran konsol game pertama dalam 6 tahun terakhir akan segera disusul oleh produk dari PlayStation dan Xbox. Mereka akanmeluncurkan produk terbaru mereka pada eksibisi game E3 musim panas tahun ini.
Konsol-konsol game terbaru akan diedarkan tentunya akan dilengkapi dengan fitur sensor gerakan dan headset yang menampilkan augmented-reality berbasis 3D.

8. Gadget yang Bisa Dipakai (wearable)

MicrosoftApple, dan Google telah mematenkan pengembangan teknologi headset-glasses penampil augmented reality mereka masing-masing. Google bahkan telah lebih awal memasarkan prototip teknologi Project Glass-nya.
Dengan telah diaplikasikannya teknologi augmented reality pada beberapa smartphone, kita masih menunggu apakah benar-benar akan ada pasar yang terbuka bagi wearable gadgetsemacam ini.

9. Kamera Retro-HD

Beberapa waktu terakhir, pasar kamera low-end telah dibabat oleh larisnya smartphone berkamera. 2013 ini, kita akan melihat munculnya kamera-kamera baru dengan desain retro danfitur optik berkualitas tinggi.
Sony RX1 dan Fujifilm X Series adalah beberapa pionir yang merevitalisasi keajaiban fotografi film, dengan kualitas gambar yang tak mungkin dikejar oleh kamera smartphone.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Sample text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Social Icons

About Me

Followers

Cari Blog Ini

Popular Posts

Featured Posts