Selasa, 12 Februari 2013

Perbedaan Dan Perbandingan Mozilla Firefox Dengan Google Chrome


Google Chrome

Keunggulan Google Chrome:

  1. Chrome lebih cepat memuat halaman web dibanding Firefox. Dan inilah alasan utama penggunanya.
  2. Desain antarmuka yang simpel dan minimalis.
  3. Pengaturan yang simpel, memudahkan penggunanya.
  4. Saat terjadi crash dengan halaman yang dimuat, Chrome memberitahu halaman mana saja dan memberi pilihan menunggu atau menutup halaman tersebut. Pada Firefox, selain menunggu, kita harus menutup program Firefox dan memulai lagi, tentu ini membuat kita kesal.
  5. Bantuan & Dukungan tersedia dalam versi Bahasa indonesia.
  6. Tersedia terjemahan otomatis yang terintegrasi.
  7. Memiliki pengaturan untuk masing-masing pengguna. Ini menjaga kerahasiaan dan menyesuaikan pengaturan antar pengguna.

Kekurangan Google Chrome:

  1. Saat beralih ke tab lainnya (yang sudah terbuka halaman web) yang lama tidak di buka, Chrome lambat untuk menampilkannya. Mungkin ini berkaitan dengan memori yang diperlukan cukup besar.
  2. Sering error pada halaman web yang dimuat, dan memberikan data yang salah pada halaman web. Misalnya yang sering saya alami saat bermain catur online, bendera merah putih yang saya sorot akan menampilkan keterangan “Inggris”, sedangkan bendera Inggris akan menampilkan “Indonesia”, kesalahan menampilkan rating saya dan lainnya.

Mozilla Firefox

 Keunggulan Mozilla Firefox:

  1. Didukung oleh lebih banyak fitur tambahan atau pengaya, kerena Firefox dikembangkan oleh Mozilla Foundation / komunitas Open source, sedangkan Chrome oleh Google Inc. Di sini Anda dapat menyesuaikan pengaya mana yang akan Anda tambahkan. Dan ini mungkin tidak dapat Anda temukan pada browser lainnya saat ini. Keterangan lebih lanjut, lihat Mengenal Add-ons Atau Pengaya Pada Mozilla Firefox.
  2. Pengaturan lebih kompleks, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Contoh pengaturan pada Firefox yang berbeda dengan Chrome:
    • Saat mengalami crash, Firefox memiliki pengaturan hanya tab yang dipilih saja yang akan terbuka saat mencoba mengembalikan tab. Hal ini akan mempercepat loading dan menghindari crash karena terlalu banyak tab yang di-load. Pada Chrome, semua tab akan otomatis terbuka yang mengakibatkan lamanya proses loading. Keterangan lebih lanjut lihat Cara Mengatasi Firefox Hang Pada Saat Menampilkan Jendela Pertama.
    • Private Browsing dilakukan secara terpisah, untuk menjamin keamanan. Ini membuat Firefox lebih cocok untuk melakukan aktifitas rahasia seperti transaksi keuangan dan lainnya. Pada Chrome, Private Browsing dilakukan secara bersama, membuat kelemahan dari kerahasiaan yang kita inginkan, bahkan kita bisa lupa apakah kita dalam Private Browsing atau tidak. Keterangan lebih lanjut lihat Cara Aman Internetan Di Mozilla Firefox Dengan Mode Private Browsing.
    • Pada Address Bar (Awasome-untuk Firefox, dan Omnibox untuk Chrome), fitur autocomplete dapat dimatikan, sedangkan pada Chrome tidak. Keterangan lebih lanjut lihat Mengontrol Dan Menghapus Daftar Autocomplete Awasome Bar Mozilla Firefox.
    • Firefox memiliki pengaturan untuk mencegah Firefox ditutup secara tidak sengaja, Chrome tidak.
    • Pengaturan Tab yang tidak dimiliki Chrome, seperti jumlah maksimal tab yang ditampilkan dan lainnya.
    • Configurasi khusus dengan megetikkan about:config di Address Bar. Di sini kita dapat melakukan setting Firefox, tapi disarankan hanya untuk yang berpengalaman.
  3. Desain antarmuka lebih mudah diubah sesuai keinginan. Keterangan lebih lanjut lihat

Kekurangan Mozilla Firefox:

  1. Lebih sering terjadi crash. Ini disebabkan banyaknya pendukung yang kurang mendukung. Untuk mencegah hal ini, lihat Tutorial Lengkap Cara Mengatasi Masalah Hang Mozilla Firefox.
  2. Lebih banyak membutuhkan perawatan seperti update fitur pendukungnya agar selalu dalam kinerja terbaiknya.
Nah, itulah perbedaan dan perbandingan dari kedua browser. Mungkin masih banyak perbedaan lainnya yang belum saya ketahui, untuk itu Anda dapat berbagi informasi di sini.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Migrasi Browser

Dari keterangan di atas, mungkin akan mengubah pikiran Anda untuk beralih ke browser lainnya, mungkin dari Chrome ke Firefox atau sebaliknya. Atau bahkan Anda ingin menggunakan keduanya, meyesuaikan kebutuhan. Jika ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir dengan cache, history dan bookmark yang ada. Keduanya memiliki fitur untuk mengimpor semua itu. Jadi Anda akan terasa masih menggunakan browser lama Anda, dengan fitur baru. Bagaimana, mau beralih? Semua keputusan ada di tangan Anda.

Semoga Dapat Memberikan Manfaat

 

 Sumber:http://masarulnasgor.wordpress.com/2012/05/06/perbedaan-dan-perbandingan-mozilla-firefox-dengan-google-chrome/

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Sample text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Social Icons

About Me

Followers

Cari Blog Ini

Popular Posts

Featured Posts