Selasa, 12 Februari 2013

Perbandingan Fungsi Mobile Operating System iOS, Android, dan Windows Phone

Perbandingan Fungsi Mobile Operating System iOS, Android, dan Windows Phone Kemampuan perangkat mobile saat ini dapat dinilai dari sebesar baik mobile operating system (OS) yang digunakan. Setiap OS biasanya memiliki spesifikasinya tersendiri. Semakin baru OS yang digunakan, semakin canggih fitur-fitur yang akan dimiliki oleh perangkat mobile. Ada beragam sistem operasi yang mengklaim bahwa dirinya merupakan OS terbaik. iOS, Android, Windows Phone, bahkan BlackBerry hadir dengan kemampuannya tersendiri. Sekarang, dengan kehadiran salah satu raksasa pasar perangkat mobile, Windows Phone 8 yang kemampuannya yang baik di beberapa aspek, Anda sudah harus lebih memperhatikan tren pasar saat ini. Windows Phone mungkin dapat dikatakan sebagai pendatang baru dibandingkan beberapa pendahulunya. Lalu manakah dari beragam OS tersebut yang dapat dikatakan sebagai yang terbaik?
Dalam hal aplikasi, Apple App Store yang disediakan secara khusus bagi para pengguna perangkat iOS hadir dengan pilihan aplikasi yang beragam dan banyak. iOS terhitung telah memiliki lebih dari 650.000 aplikasi. Dengan begitu dalam hal aplikasi, iOS telah didukung dengan koleksi aplikasi yang lebih banyak. Sedangkan untuk Android, para penggunanya dapat berbangga dari karena tidak jauh berbeda dengan iOS, sistem buatan Google ini telah memiliki sekitar 500.000 ribu aplikasi yang terdapat di Google Play Store.
Sementara itu mobile operating system buatan Microsoft sepertinya harus mulai melakukan pembenahan terhadap pengembang-pengembang aplikasinya. Pasalnya hingga saat ini mereka baru memiliki sekitar 100.000 ribu lebih aplikasi yang tersebar di marketplace. Angka tersebut tentunya harus ditingkatkan kembali jika masih ingin bersaing dengan perangkat-perangkat iOS ataupun Android yang dilengkapi dengan beragam pilihan aplikasi.
Soal kualitas, ada beberapa hal yang masih dapat diperdebatkan. Namun, menurut beberapa kelompok pengembang aplikasi, secara keseluruhan aplikasi yang dihadirkan perangkat iOS memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan OS lain. Namun, Android dapat dinilai memiliki kesejajaran dalam hal kualitas. Bahkan, sistem operasi buatan Google tersebut terkadang memiliki fungsionalitas yang lebih baik dibandingkan iOS. Salah satu contohnya adalah kemampuan yang lebih baik dalam hal opsi sharing dan juga akses mendalam ke dalam sumber-sumber perangkat mobile Anda. Sedangkan untuk aplikasi Windows Phone, aplikasi yang bekerja di bawah sistem operasi ini memiliki tampilan interface yang menarik. Namun, terkadang tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat dikatakan sebuah kewajaran menilik umur serta kemampuannya yang baru belum mengalami penyempurnaan kemampuan.
Selain pada fitur aplikasi, multitasking merupakan salah satu fungsi yang memungkinkan mobile operating system perangkat untuk menjalankan multi proses pada waktu yang bersamaan. Apple memasukkan fungsi multitasking miliknya untuk OS 4.0. Namun, sistem operasi lainnya seperti Android dan Windows Phone pun telah mendukung hal tersebut. Proses multitasking yang dilakukan pada perangkat iOS sangatlah terbatas.
Pada beberapa proses Anda akan menemukan aplikasi akan terlihat tak bekerja saat Anda menekan tombol Home sebanyak dua kali. Oleh sebab itu, proses multitasking yang hadir pada perangkat bersistem operasi iOS sangatlah terbatas. Berbeda dengan iOS, Android hadir dengan kemampuan multitasking yang lebih baik.
Sistem operasi Android menggunakan beberapa aturan seberapa penting setiap proses yang sedang berjalan dan mengevaluasi manakah hal pertama yang harus diselesaikan. Maka, sistem operasi Android memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik dibandingkan iOS. Sedangkan untuk Windows Phone, fungsi multitasking pada sistem operasi ini dapat dikatakan baru. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk mengatur aplikasi dan sumber lainnya. Hanya saja seperti halnya iOS, kemampuannya menjalankan fungsi tersebut sangatlah terbatas.
Aplikasi dan kemampuan multitasking setiap OS tentunya menjadi beberapa hal yang sangat penting bagi tiap perangkat. Tapi ada beberapa kemampuan lainnya yang dimiliki oleh setiap perangkat. Sistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone telah dilengkapi dengan kualitas tampilan layar yang memiliki resolusi tinggi. Sayangnya tampilan tersebut tidak didukung dengan kemampuan file manager yang mumpuni.
iOS dan Windows Phone sayangnya tidak dilengkapi dengan kemampuan file manager yang hadir seperti pada perangkat Android. Tapi, ada satu hal yang tidak diberikan oleh sistem operasi lainnya kecuali iOS. Fitur intelligent voice assistant merupakan keunggulan perangkat bersistem operasi iOS dan dapat dipergunakan pada banyak variannya. Namun, bagi Android hal tersebut hanya dapat ditemukan pada beberapa perangkatnya saja. Sementara itu Windows Phone masih belum dapat memberikan fitur perintah suara tersebut ke dalam sistem operasi perangkatnya.
Setiap OS tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dengan beragam jenis perbedaan perangkat Android, Anda masih akan menemukan beberapa versi perangkat yang hanya dilengkapi dengan OS terlamanya. Google telah memasukkan masalah tersebut agar perangkat-perangkat tersebut mendapatkan perangkat lunak untuk melakukan update dengan lebih mudah. Untuk iOS, beberapa kekurangannya masih dapat ditemukan dengan mudah. Ketidakhadiran widget mungkin menjadi salah satu fungsi yang tidak dapat digunakan oleh penggunanya.

Sumber:http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=9798

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Sample text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Social Icons

About Me

Followers

Cari Blog Ini

Popular Posts

Featured Posts